Kapolres Cimahi Aldi Siap Mengawal "Dana Desa Demi Masyarakat Yang Maju Dan Mandiri"

 



Elitkita.com Bandung Barat - Dalam acara kopi darat terselenggara dialun - alun wilayah desa Mekarsari Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat 21/3/2023.


Dihadiri Bupati KBB Hengky Kurniawan Kapolres Cimahi, Kodim 0609, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Plh. Sekda - KBB, Ketua DPRD, Pimpinan Kacab. BJB Padalarang, Kades se - KBB, 16 Camat - KBB,  dan Kejati Baleendah. 


Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, sebagai salah satu upaya dalam rangka yang per-tama. Meningkatkan kinerja, pengelolaan alokasi Dana Desa baik itu hasil pajak Daerah dan bagi hasil retibusi Daerah. Demi terwujudnya, percepatan penyaluran ke pemerintahan Desa. Ke-dua, Penyampaian informasi hasil rekonsiliasi tentang/pengakolasian penggunaan ADD, BHPD dan BHRD tahun anggaran 2023. Ke-tiga, penyatuan air dan tanah dari 165 Desa di Kabupaten Bandung Barat yang menandai dimulai dengan pembangunan alun - alun KBB. Ke-empat, menginformasikan dan mengingatkan kepada pemerintahan Desa bahwa penggunaan Dana Desa digunakan dan wajib memberikan manfaat sebesar - besarnya untuk masyarakat yang membutuhkan. Tentu,  meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kesejahteraan, pengangguran,  kemiskinan dan peningkatkan pelayanan Publik. 


Kepala BKAD (Badan Keuangan Anggaran Daerah) Heru Purnomo, Dalam laporannya menjelaskan perincian kegiatan penggunaan anggaran 2023 pada pemerintahan Kabupaten Bandung Barat, dilandasi dasar hukum peraturan Pemerintah No.12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Pemerintah No. 77 tahun 2020 tentang Ganguan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan No. 43 tahun 2014 yang telah diubah PP tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Daerah No.16 tahun 2022/2023 tentang Penjabaran APBD Kabupaten Bandung Barat, Peraturan Bupati KBB No. 52 tahun 2022 tentang Penjabaran APBD KBB tahun 2023.




Sambutan Kapolres Cimahi Aldi, baru pertama kali semenjak saya menjabat sebagai Kapolres Cimahi bertatap muka langsung dengan seluruh Kepala Desa se - KBB. Namun terkait dengan Dana Desa, tentunya ada dasar hukum yang berlaku di Negara kita ini. Sudah pasti, Kepala Desa  se - KBB mengetahui dan memahami tentang hal tersebut.


Tidak lupa juga, meng - apresiasi Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan telah mendapatkan penghargaan dari Presiden RI "Percepatan atau Penanganan COVID- 19". Perlu diingat juga, bahwa Uang Negara sekian persen untuk dialihkan ke Desa. 


Apabila ada gangguan, ada gosip - gosip dan sebagian pembangunan Desa tidak berjalan akhirnya penyerapan dana tidak sesuai ditentukan silakan lapor "Wa Lapor Pak Kapolres Rebon". Tapi dengan catatan, minta paraKades untuk mematuhi aturan S.O.P Kapolres. Siap, mengawal Kades demi kemajuan 'masyarakat yang maju dan mandiri. "Tegas Aldi


Nada yang sama Lettu. Arm Radian Pasi Intel Kodim 0609/Cimahi, apa yang dibicarakan Polri tidak jauh berbeda. Namun, tugas pokok TNI sesuai UU No. 34 tahun 2004 menjelaskan,  membantu pemerintahan setempat pada intinya 'kami dari pihak TNI untuk mengawal membantu pengamanan dan pengawalan Dana Daerah atau apabila terjadi kendala dilapang tentu 'kami siap membantu Kades dilapangan, " kata Radian. 


Diakhiri Bupati Hengky, berkeinginan adanya inovasi, berkabolarasi dan kreatifikasi dengan komunikasi yang baik bisa semakin maju. Juga untuk merealisasikan janji politik kita, mulai dari pembangunan berbasis RT - RW kemudian jalan lingkungan dan sebagainya. Diharapkan pula, dapat menjadi perhatian Nasional berprestasi juga kunci kesuksesan tiada lain, bergotongroyong dapat mengatasi bersama - sama termasuk kolaborasi TNI - Polri dan itu yang 'kita harapkan bersama. "Tutup Hengky. (Red. WK/Arii)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama