Pada dasarnya terdapat tiga Motif dalam diri setiap manusia



elitKITA.com - Dalam penulisan makalah, skripsi ataupun tulisan ilmiah lainya sering kita dihadapkan kepada kajian teori yang masih relevan dengan kondisi saat ini yang berhubungan dengan meningkatkan citra Positif Polri dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas.

Motif adalah pikiran – pikiran dan preferensi alamiah dan konstan dalam bidang tertentu yang mendorong, mengarahkan, dan menentukan perilaku yang ditunjukkan seseorang, Motif akan mendasari pemikiran, selanjutnya mempengaruhi prilaku, dan prilaku tersebut akan menuntun kepada pencapaian tujuan. Setiap motif ditandai oleh adanya keinginan yang kuat untuk memcapai tujuan yang dimaksud, dengan tujuan yang menarik maka seseorang akan temotivasi untuk mencapainya. Menurut Prof David Mc Clelland dalam bukunya Kiat sukses massa depan (2006:11) Pada dasarnya terdapat tiga Motif dalam diri setiap manusia yaitu :

a. Motivasi berprestasi (Need of Achievement) yaitu keinginan untuk memenuhi atau melampaui standar prestasi tertentu dan atau untuk meningkatkan kinerja. Pada saat motif ini tersimulasi maka seseorang akan berpikir tentang bagaiman mengalahkan atau melampaui standar prestasi tertentu yang dianggap istimawa,dan mencapai atau melampaui standar keberhasilanyang telah ditetapkan secara pribadi.

b. Motivasi Afiliasi ( Need of Afiliation ) yaitu keinginan untuk memelihara atau menghindari terganggunya hubungan yang erat dengan orang lain.

c. Motivasi berkuasa (Need of Power) yaitu keinginan untuk mempengaruhi atau untuk memberikan dampak terhadap orang lain .

Dalam diri manusia terdapat ketiga jenis motif tersebut namun kadar setiap motif berbeda – beda pada diri setiap orang, oleh sebab itu dalam memberikan motivasi kepada seseorang kita harus tahu terlebih dahulu akan sifat dan karakteristiknya sehingga akan tahu bagaimana cara yang tepat dalam memberikan motivasi kepada orang yang akan diberikan motivasi.Ada beberapa Faktor sebagai pendorong Motivasi yaitu :

a. Faktor Intrinsik adalah faktor - faktor pendorong yang muncul dari dalam diri seseorang,jika faktor ini sudah terbentuk maka berdampak terhadap tumbuhnya motivasi lebih besar dalam jangka panjang.

b. Faktor ekstrinsik adalah faktor – faktor pendorong yang muncul dari luar diri seseorang dimana setiap faktor tersebut dapat dinilai besarannya dengan sejumlah uang. Faktor – faktor ini biasanya akan dengan cepat meningkatkan Motivasi, Faktor ekstrnsik sering disebut sebagai remunerasi, biasanya berbentuk : Gaji pokok, tunjangan – tunjangan pokok, Insentif : Bonus Tahunan, bonus prestasi, penghargaan, pembagian keuntungan, Manfaat atau fasilitas : Pensiun, kesehatan, asuransi, fasilitas mobil, fasilitas rumah, fasilitas kerja, dan lain – lain.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama