Idham Maulana : Ikatan Alumni ITB Jurusan adalah Sarana Giving Back pada Jurusan dan Himpunan


Idham Maulana bersama puluhan rekannya alumni Teknik Geologi ITB 2010


elitKITA.Com-Jakarta, 30 Januari 2023 – Dinginnya malam ibu kota tak membuat semangatnya meredup. Rabu (25/1) lalu Idham Maulana berkumpul bersama puluhan rekannya alumni Teknik Geologi ITB 2010 di Tentative Darmawangsa, Jakarta Selatan. Lalu siapakah Idham ini? Kala itu ELITKITA berkesempatan melakukan bincang-bincang dengannya.


Mas Idham, terus semangat! Bagaimana kabarnya?

Alhamdulillah baik. Mari sini bergabung bersama teman-teman.


Saat ini kegiatannya apa?

Saat ini saya dipercaya menjadi manajer pengembangan bisnis di salah satu anak perusahaan BUMN bidang pertambangan. Selain itu, saya juga aktif di organisasi alumni dan di serikat pekerja.


Boleh tahu organisasi apa saja itu?

Di Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITB saya diberi amanah sebagai Wakil Kepala Lembaga Pengendalian Kebijakan dan Sumber Daya Alumni (LPKSDA). Saya juga tergabung dalam kepengurusan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).


Bisa dijelaskan lebih detail apa itu LPKSDA?

LPKSDA adalah sebuah lembaga di dalam Ikatan Alumni ITB. Tugasnya kira-kira memberikan masukan kebijakan kepada Pemerintah baik pusat maupun daerah. Tentunya science based policy, karena ITB adalah kampus sains dan teknologi. 


Bagaimana caranya melegitimasi masukan tersebut mewakili seluruh alumni ITB yang konon katanya ada 200 ribu?

Untuk menjaring aspirasi dari alumni, kami memiliki program bernama Rembuk Daerah. Rembuk tersebut bertujuan untuk mengupas permasalahan tertentu di suatu daerah, namun berlaku nasional. Terakhir kami membahas UMKM sebagai pilar ekonomi nasional, berkolaborasi dengan IA-ITB Jawa Barat dan IA-ITB Sekolah Bisnis Manajemen (SBM). Kami libatkan juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat, industri (waktu itu diwakili Bank Jabar Banten), dan komunitas (waktu itu diwakili BPD HIPMI Jabar). Bahkan media pun kami libatkan untuk penyebaran informasi, kebetulan Bandung TV yang punya alumni ITB. Pokoknya kami pakai pentahelix strategy.


Mantap! Lalu ini sedang kumpul-kumpul dalam rangka apa?

Silaturahim saja dengan teman-teman Teknik Geologi 2010. Merajut kembali tali persahabatan yang pernah terjalin kuat semasa kuliah di Kampus Ganesha. Waktu ospek jurusan dulu, kami ini istilahnya satu pasukan.


Tidak tertarik aktif di Ikatan Alumni ITB Jurusan?

Kepikiran juga. Karena melalui Ikatan Alumni ITB Jurusan, kita dapat giving back pada jurusan dan himpunan yang selain tempat kita menimba ilmu, juga tempat kita membentuk karakter dan pola pikir. Apalagi semenjak lulus dari ITB, saya sangat banyak dibantu oleh senior-senior alumni Teknik Geologi.


Tahun politik semakin dekat. Ada rencana masuk dunia politik?

Saya nonpartisan, saya orang bebas.

(ahendra)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama