Komsos dengan Appem, Danrem 081/DSJ Singgung Tantangan Era Transformasi Digital

Korem 081/DSJ menggelar kegiatan Komsos dengan aparatur pemerintah (Appem) di wilayah Madiun Raya

elitKITA.com Madiun, - Mengambil tema transformasi digital ciptakan aparat pemerintah unggul, Korem 081/DSJ menggelar kegiatan Komsos dengan aparatur pemerintah (Appem) di wilayah Madiun Raya.

Sesuai dengan tema tersebut, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono mengimbau sebagai aparatur pemerintah harus dapat segera menyesuaikan diri dengan era transformasi digital.

"Sistem pemerintahan di Indonesia yang berubah dengan adanya era transformasi digital saat ini, kita sebagai instansi pemerintah hendaknya juga harus beradaptasi dengan kondisi tersebut." Kata, Danrem dalam sambutannya di Aula Jenderal Sudirman Makorem 081/DSJ, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Rabu (24/5/2023).

Untuk mewujudkan hal itu, dirinya menilai diperlukan pimpinan unit kerja atau instansi pemerintah yang bisa menciptakan perubahan dan sekaligus pemanfaatan teknologi digitalisasi.

Transformasi digital juga, merupakan salah satu indikator untuk transformasi birokrasi. Selain transformasi budaya, transformasi struktural dan reformasi regulasi. Bahkan, pamen TNI AD itu mengungkapkan transformasi digital merupakan pengikat dari ketiganya.

Danrem pun menjelaskan, keberadaan transformasi digital telah mengubah berbagai sendi kehidupan masyarakat menjadi lebih cepat, instan, efisien dan sederhana. Perlahan namun pasti, masyarakat nantinya akan segera beralih meninggalkan cara-cara manual.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan pemerintah harus cepat merespon perubahan tersebut. Namun demikian, menurutnya, hal ini harus segera diiringi dengan kompetensi atau pengembangan talenta para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Lebih dari itu, sebutnya talenta ASN yang berdaya saing unggul akan mengisi posisi kunci sebagai pemimpin masa depan yang dapat mendukung organisasi guna mewujudkan birokrasi berkelas dunia dan terwujudnya visi Indonesia Maju 2020-2024. (Hendra)

Editor : TM

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama