Manfaat Kunyit Hitam Agar Mudah Didapat

Endang (62) pensiunan Disub Puwakarta, berusaha untuk membudidayakan Kunyit Hitam di desa Sirnagalih Kecamatan Cipendeuy KBB

elitKITA.com Bandung Raya - Kunyit pasti dikenal kalangan ibu rumah tangga, sebagai rempah-rempah untuk ketentuan resep memasak atau bisa juga dipergunakan untuk pengobatan. Namun, beda lagi dengan satu ini sama tapi tidak serupa kunyit hitam namanya yang mampu untuk mengobati segala penyakit. Kunyit hitam, sesuai dengan sebutan ketika diiris muncul dalam kulit kunyit berwarna hitam.

Rasa, kunyit hitam kalau dicoba memiliki rasa seperti wangi jamu dan tidak terlalu menyengat seperti kunyit lainnya. Kalau, kunyit hitam diiris-iris masukan dalam gelas, pakai air panas setengah gelas langsung di seduk. Muncul, berwarna hitam pekat memiliki ciri khas rasa.

Hal diatas, akan dikupas oleh salah satu warga Sukarendah RT. 02/06 desa Sirnagalih Kecamatan Cipendeuy Endang (62) pensiunan Dishub Parpostel Kabupaten Puwakarta. Meluangkan waktu selama pensiun, berniat akan membantu warga untuk bisa membudidayakan kunyit hitam di wilayah kediamannya. Hasil, yang selama dari proses penanaman sampai pengolahan. Pengalamannya sampai saat ini, sangat memuaskan dengan keuntungan yang didapat. Namun, menurutnya merasa disayangkan bila tidak dikembangkan diwilayah saya. "Jelasnya.

Tentu, kalau bagi orang yang belum mengetahui tentang khasiat kunyit hitam dan manfaatnya seperti apa ? Paparan dalam tayangan Video.5/elitkita 8/5/2023.



Sedikit membahas Endang manfaat Kunyit Hitam diantaranya ;

Kunyit hitam, adalah salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya, yaitu mengobati penyakit paru-paru dan meredakan rasa nyeri.

Begitu pula, kunyit hitam punya sejumlah manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya menjaga imun tubuh, mencegah timbulnya jerawat, hingga mengobati kanker.


Berikut yang di paparkan endang di rumah kediamannya kepada elitKITA 8/5/2023 manfaat, jika rutin mengonsumsi kunyit hitam.

1. Mengobati Penyakit Paru-Paru bisa penyakit paru-paru turunan yang bisa diobati adalah asma, bronkitis, dan radang paru-paru.

Mengkonsumsi kunyit hitam, juga membantu sel-sel kekebalan tubuh meningkat. Tanaman ini, bisa dikonsumsi berdampingan dengan obat konvensional karena tidak mengganggu.

2. Pereda Nyeri,

Seseorang yang sering merasakan nyeri bisa meminimalisirnya dengan mengonsumsi kunyit hitam. Sebab, Kunyit hitam ini juga mengatasi pelbagai masalah seperti ruam, sakit gigi, osteoarthritis, hingga gangguan pada perut.

3. Kunyit hitam, dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Tanaman herbal ini juga bisa memodifikasi perubahan pra-kanker pada organ tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan, Manfaat lainnya dari kunyit hitam adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Cara kerjanya adalah kunyit memecah lemak pada makanan yang masuk ke tubuh.

5. Mengobati Kulit Gatal, juga dapat membantu dalam mengatasi gatal-gatal pada kulit. Hal ini, karena kandungan dalam tanaman tersebut dapat memberikan sifat anti-inflamasi. Dengan begitu, kulit yang gatal teratasi dengan baik dengan cara mengoleskannya.

Kilas paparan, Endang berbagai manfaat dari kunyit hitam yang perlu diketahui. Dengan mengonsumsinya secara rutin, berbagai manfaat yang disebutkan diharapkan bisa dirasakan.

Sudah sepantasnya, bila pemerintahan setempat dapat menyoroti dan mendukung ide atau gagasan warga demi menciptakan pertumbuhan pendapatan ekonomi diwilayahnya. Dengan dukungan, membudidayakan kunyit hitam, bisa sebagai salah satu bentuk program home produk. Tanaman herbal bisa juga, disebut apotek rumah dengan menanam kunyit hitam di pekarangan rumah. "Ungkap Endang

Saya, mengajak Jika masih memiliki banyak pertanyaan atau berminat untuk membudidayakan bisa langsung hubungi Endang yang ada ditayangan video tersebut. (TM/Wawan Kusnawan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama