Milangkala Desa Kertawangi Ke - 45 Habiskan Anggaran Diperkirakan Mencapai 460 Juta Dari Swadaya Masyarakat

Kades Yanto bin Surya dikenal masyarakat Steven Ewon Kades Kertawangi Kecamatan Cisarua-KBB

 

elitKITA.com Bandung Barat - 19 Mei 2023 Memperingati Hari Ulang Tahun atau Milangkala desa Kertawangi yang ke - 45,  dihadiri Camat Cisarua Taufik Firmansyah M, SI, DPR RI Rian Firmansyah S. Pd fraksi NasDem, HJ. Ida Widaningsih S, IP dari fraksi PDIP wakil ketua DPRD KBB, para Kades se-Kecamatan Cisarua, semua juga turut hadir para tokoh masyarakat dan para tamu yg lainnya.


Acara tersebut, dilanjutkan pesta rakyat  dimeriahkan hiburan rakyat dan syukuran. Dilaksanakan, dikantor desa Kertawangi jalan Kolonel Masturi No. 339 Cisarua. 


Milangkala Kertawangi yang ke - 45, didanai dari swadaya masyarakat dengan total anggaran mencapai 460 Juta dari berbagai donatur dengan dimeriahkan pesta hiburan rakyat dan syukuran. Hasil swadaya masyarakat, disamping finansial ada yang berbentuk barang, makanan dan lain sebagainya. Tanpa ada keterpaksaan, "imbuh Ewon. 


Hasil liputan tim elitKITA.com dikantor desa Kertawangi menemui Kades Yanto bin Surya dikenal masyarakat Steven Ewon  usai acara menjelaskan, adapun maksud dan tujuan dari kegiatan Ulang Tahun desa Kertawangi. Adalah, sebuah wujud syukur  mengsinergikan antara masyarakat tokoh masyarakat semua elemen unsur masyarakat agar semua mau berkolaborasi. Akhirnya, menjadi sebuah prestasi "tadi juga merasa kaget karna di luar dugaan 'saya ternyata, beberapa tokoh mengucapkan selamat kepada saya selain ulang tahun desa. Yaitu, sebuah ucapan penghargaan Kades Ewon membawa desa Kertawangi menjadi lebih harum disampaikan oleh para tokoh.


Acara Milangka ke - 45, diadakan sampai 4 (empat) hari. Ke satu, acara ziarah kepada para ahli kubur pendiri terdahulu, silahturahmi para tokoh yang masih ada. Hari ke dua, jalan santai kurang lebih 3000 peserta dengan berbagai macam doorvize dan hiburan masyarakat. Diikut sertakan hasil produk dari UMKM, dengan memasarkan hasil produk masyarakat. 


Hari ke tiga, selesahan dengan para tokoh-tokoh. Berikutnya, adakan upacara memperingatkan hari jadi Kertawangi serta terakhir di tutup hiburan masyarakat dengan pagelaran wayang Golek.  Dengan kehadiran UMKM tentunya, datangnya para pengunjung berarti menjadi sebuah pasar diantaranya ; kerajinan tangan, ada olahan-olahan pertanian dan perternakan yang ada di pasar UMKM ini. "Jelas Ewon. 


Bagja Warga 06/03, salah seorang UMKM yang telah memiliki stand 2 minggu sebelum acara diselengarakan di desa sudah mendaftar. Sedangkan, jualan selama 2 hari pengunjung sepi sementara setoran perhari dipungut 30 ribu selama 4 hari. Berjualan dari pagi sampai malam, jualan kopi, es kelapa dan pop mie. "Tutur Bagja.

Sementara, dilokasi lapangan Desa Kertawangi terpantau jelas Stan - Stan UMKM hampir 100 Lebih. Seperti, ditampilkan di video elitkita 19/5/2023. 




Dipuncak acara 20/5, dengan menggelar Wayang Golek Kidalang Wawan Amung Sunarya Putra Giri Harja II. Lokasi dipadati pengunjung, semakin ramai hingga larut malam dari berbagai daerah Cisarua.


Ungkap Ahmad selaku UMKM warga 06, tidak ada acara "wah" gimana dari pagi hingga sore 19/5/23, tidak ada kreasi seni 'lah. Sementara desa Kertawangi ada 14 Rukun Warga, minimal 1 Rukun Warga seharusnya pentas kreasi seni. Sedangkan acara, dari pagi sampai sore dangdut terus bikin pusing membosankan. 


Sebelumnya juga kepada warga di informasikan, "cuman harus mateng-mateng banget dari sisi pengelola itu ada di papan pengumuman UMKM. Dampak acara, pedagang mereka berharap ada yang beli harus nya. Terlebih pemberitahuan kepada masyarakat jangan sampai puncaknya saja Wayang Golek, masukan buat kedepannya kalau buat acara ulang tahun ini kurang 'ah pasti tanggapan warga ada yang negatifnya.


Lanjut, Ahmad acara ulang tahun desa pastilah di banding-bandingkan dengan desa yang lain. Seperti, desa Padaasih dan desa Pasirlangu "mereka bikin acara kaya gini sudah sering. Bagi donatur, kebanyakan daerah Cibolang harusnya warga jangan "nyumbang" mereka cuman menikmati aja 'lah. Baru kali ini acara ulang tahun desa Mekarwangi, belum pernah tahun sebelumnya. Warga juga, bukan menutup sebelah mata pasti 'tau. 


Sementara, Kecamatan Parompong lebih dari ini acaranya. 'Ya, mungkin lebih baik 'lah kedepannya. Terimakasih kepada Kades Ewon, "alhamdulilah udah bikin acara gini kepada masyarakat ada hiburan bagi saya bisa menambah penghasilan dan silahturahmi. "Ujar Ahmad. (Wawan K/Doni Arb) 

Editor : TM

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama