Pemandian Air Panas Citiis Selain Memberikan Manfaat Kesehatan Juga Salah Satu Objek Wisata Alam Dengan Nuansa Eksotis

  


Foto. Tim e-KITA/30/4/2023 
dilokasi Pemandian Air Panas Citiis Tasikmalaya


elitKITA.com Tasikmalaya —  Kawasan gunung Galunggung Tasikmalaya, mempunyai nilai wisata tinggi dengan munculnya mata air panas. Disebut juga, hot spring atau diistilahkan energi geothermal energi panas bumi. Terkandung didalam air panas, uap air, serta batuan mengandung mineral seperti sulfur, kalsium, radium dan gas lainnya secara genetik tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi.


Wisata pemandian air panas kampung Citiis, berada di kaki gunung Galunggung desa Padakembang Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Meskipun, air yang dihasilkan panas, ternyata beberapa mata air panas memiliki suhu yang aman untuk digunakan berendam. Tidak heran, jika ada banyak mata air panas yang dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi ataupun pengobatan karena kandungan mineral yang terdapat di dalam air panas tersebut.


Dalam perjalan menuju lokasi wisata pemandian,  terasa perjalanan Adventure (petualang) situasi perjalanan dibayangi panorama indah. Juga, pegunungan masih memberikan suasana eksotis. tentunya, terhibur apalagi bersama keluarga tercinta. Sampai, dilokasi mungkin anak, sanak saudara terperanjat untuk bermain dikolam Citiis dengan keindahan alam dan pemandang secara alami tentunya."Tim.e-KITA/30/4/2023 Wisata Citiis. 


Pemandian Air Panas ada 2 (dua) buah kolam renang yang berbeda kedalamannya, ada yang untuk anak dan orang dewasa bahkan Lansia. Pastinya berkumpul dilokasi sehabis berenang dengan berbekal makanan yang sudah disiapkan terlebih dulu 'makan bareng bersama keluarga. 


Manfaat merendam atau berenang dalam kolam air panas yang dihasilkan  energi geothermal, dapat membawa khasiat bagi kesehatan diantaranya;




Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, sebab air panas mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah akan lebih lancar. Dengan sirkulasi darah yang lancar, sel-sel serta jaringan tubuh dapat memperoleh pasokan nutrisi yang cukup dan akan terhindar dari risiko penyakit yang berkaitan dengan penyumbatan pembuluh darah.


Membuat badan lebih rileks, setelah berendam di pemandian air panas. Hal ini, dikarenakan air panas atau air hangat dapat melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Otot yang rileks, tidak hanya membuat fisik tenang tetapi juga berdampak baik untuk kesehatan mental.


Meningkatkan, kualitas tidur dan mencegah insomnia. Setelah berendam, suhu tubuh biasanya akan menurun lebih lambat. Sehingga jadi lebih rileks, tubuh yang rileks akan memudahkan untuk tidur dan bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak dan nyaman.


Dari hasil pemantau Tim. e-KITA, berada di lokasi pemandian air panas Citiis 30/4/2023 harga tiket cukup terjangkau untuk berlibur berserta keluarga disaat hari libur dan hari raya. Tentunya, objek wisata alam dengan nuansa eksotis memiliki ciri khas tersendiri. (Wawan/Ari)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama