Pernyataan Sikap Hengki Kurniawan Rotasi-Mutasi dan Promosi Jabatan Sudah On the Track

Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengki Kurniawan


elitKITA.com Bandung Barat - Banyak pemberitaan terkait Rotasi-Mutasi dan Promosi Jabatan, dikalangan pejabat Pemkab Bandung Barat  beberapa tahun lalu. Kini mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan aktipis masyarakat dan masyarakat KBB tentunya. Namun hal tersebut bukan menjadi sikap tutup mata, tutup telinga dan tutup mulut. "Kita tahu ada ketidak-jujuran, namun kita pura-pura tidak melihat, kita tahu ada laporan ketidak-jujuran, namun kita pura-pura tak mendengar dan kita tahu ada orang yang tidak jujur, namun kita tidak menegur pelakunya".


Apa yang menjadi perbincangan masyarakat KBB perlu untuk disikapi oleh Hengki, agar masyarakat jelas dan mengerti informasi yang berkembang. Namun disisilain, perlu untuk mawas diri dengan adanya dugaan memanfaatkan situasi dan kondisi isu yang berkembang di masyarakat KBB. Seiring waktu, kebohongan dapat tercium juga dan kebenaran akan terbuka dengan terang benerang. 


Dalam jumpa pers (doorstop) usai acara pemberangkatan jemaah haji di Pusdikav 26/5/2023 desa Jayamekar Kecamatan Padalarang KBB. Pernyataan Sikap Hengki Kurniawan, terkait Rotasi-Mutasi dan Promosi Jabatan diruang-lingkup Pemkab. Bandung Barat. "Kami menghargai masyarakat mengapresiasi, terkait kondisi di Kabupaten Bandung Barat yang membentengi kita ini. 'Insya Allah, tindakan kita sudah benar dan tidak melanggar aturan "on the track" sesuai dengan jalur. Tentu apa yang kemarin terjadi, misalnya terkait pelaku dan sebagainya. Sudah ada panggil suara dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Karna ini, Warning bagi semua pihak jadi 'saya menjawab dalam proses Rotasi-Mutasi maupun Promosi Jabatan. Banyak usulan juga dari OPD, jangan sampai ada sesuatu dan yakin semuanya memiliki kemampuan dan potensi secara integritas. Karena, dari awal juga selalu sampaikan pada saat pelantikan jangan sampai bermain-main kalau ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan. Langsung melaporkan, sudah memprediksi kebijakan Rotasi-Mutasi "ada yang suka, ada yang tidak suka" tapi kita On The Track. "Tegas Hengki. 


Sementara, sebagai warga negara yang baik apabila dibutuhkan data-data tentunya akan memberi keterangan yang sejelas-jelasnya. Perlu untuk dipahami juga rekan awak media, proses Rotasi-Mutasi biasanya 'saya suka dadakan kalau melakukan pelantikan. Karena tidak mau data itu bocor kemana-mana, sebab ditakutkan ada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan misalnya; sempat dengar ada seseorang ketahuan akan di lantik 4 hari, telpon banyak masuk " berkat saya sudah berkomunikasi dengan a-b-c segala macam". Oleh sebab itu, selalu berharap terkait data-data jangan sampai disalah gunakan oleh pihak-pihak lain. "Kata Hengki. 


Menjawab isu pelapor terkait transaksi yang ditudingkan sama pelapor, yang namanya juga isu tentu masyarakat meluapkan aspirasinya sah-sah saja. Tapi kita "Insya Allah apa yang dilakukan sudah on the track. Bahkan, dari awal sudah memprediksi di tahun politik ini. Pasti akan terus diulang nanti ada berita ini lagi. Saya, yakin masyarakat Kabupaten Bandung Barat semuanya paham dan cerdas-cerdas, "imbuhnya. 


Perlu diklarifikasi juga, kemana arahnya siapa yang bergerak, dasarnya apa. Bermunculan berita baru, muncul macam-macam akan banyak bermunculan lagi. Anggap saja dinasti politik, kalau di internal banyak masukan tapi untuk saat ini tidak mengambil langkah itu. Kita monitor dulu, kalau memang ada klarifikasi sebagai warga negara yang baik bertanggungjawab. Artinya, pesan yang melanggar peraturan integritas dan lain sebagainya. Harus tentu dihindari jangan sampai merugikan diri-sendiri, belajar dari pengalaman juga mengambil kebijakan terkait Rotasi-Mutasi. Baru berapa lama menjadi PLT kemudian Bupati definitif, "ungkap Hengki. 


Dipertegas Hengki, sebenarnya gampang melihat sebelahmana letak salahnya dan mana yang diduga. Akibat dugaan belum atas naik 'kok bisa naik bilang saja siapa saja orang-orang nya. Tentu, ada list-list tanya ke BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) apakah bersangkutan melanggar atau tidak melanggar. Mungkin ini, persoalan kalau baca persoalan senioritas secara aturan saya rasa warning-nya ada BKPSDM ketika mengatakan tidak melanggar aturan tentu  akan jalan, tapi kalau ada indikasi menyalahi aturan jangan dijalankan. Sejauh ini, on the track  mulai izin dari Mendagri (Menteri Dalam Negri) kemudian dan sebagainya. Sudah benar semuanya, kita ikutin saja dinamika politik di tahun politik ini. 


Perlu diketahui, komitmen pemerintah pusat sudah jelas. Kalau, ada pihak-pihak lain yang mengambil kesempatan laporkan saja. Bahkan, pemerintah hari ini mendukung yang bersih. Tentu diawal-awal ada pelantikan secara sepihak-pihak melaporkan dan hari ini mulai dari BKPSDM pada pihak-pihak yang di laporkan itu sudah di panggil mulai dari Polres, Polda kemudian Kejaksaan Negri dan Kejaksaan Tinggi. Semua sudah di panggil, semuannya sudah clear, semuanya udah On the track dan sebagainya. Jadi justru, pada saat pertemuan dengan Prokopimda (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah) betul-betul 'ricek supaya dugaan ini dengan sendirinya terbuka dan terbukti. Terjalin komunikasi dari temen-temen APH (Aparat Penegak Hukum), yang memang benar betul-betul mengklarifikasi satu-satu. Sejauh ini, jangan takut melaporkan setiap pelantikan selain pesan adalah golongan orang-orang yang memberikan kemudahan jangan kita mudahkan. Selalu berpesan, kalau ada pihak-pihak yang memanfaatkan dari Rotasi-Mutasi ini laporkan. "Sikap Hengki.  (Wawan Kusnawan) 


Editor : TM

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama