Warga Margalaksana Budidaya Lebah Madu Klanceng Memiliki Khasiat Mengatasi dan Mencegah Penyakit

Budidaya lebah madu klanceng warga Margalaksana Kecamatan Cipendeuy-KBB


elitKITA.com Bandung Raya - Mengenal, madu tentu kita tahu bahwa madu pasti memiliki rasa dan khasiat bagi kesehatan. Apalagi, banyak jenis serangga lebah madu tentunya kita perlu sedikit mengenal lebah madu Klanceng. Memiliki ciri khas rasa asam agak manis, namun khasiatnya bisa mengobati berbagai penyakit. 


Seperti dipaparkan, penangkaran budidaya lebah madu klanceng warga Margalaksana Kecamatan Cipendeuy Kabupaten Bandung Barat Konda Jaya Suntana. Bergelut menekuni budidaya lebah madu Klanceng, sudah hampir 7 tahun dengan memiliki kandang lebah madu 150 bok berukuran 30cm. Dengan ketekunan dan semangat, membudidayakan lebah madu secara mandiri tanpa ada campur tangan bantuan dari pemerintahan daerah. 


Konda, sempat mengalami kerugian yang cukup besar bagi dirinya. Dikarnakan, menghadapi Covid-19 pesanan tidak berjalan sama sekali sementara hasil panen banyak yang tidak terjual.


Menurutnya, saat ditemui elitKita.com ditempat penangkarannya yang memang lokasi berada didepan dirumah kediamannya 6/5/23, ada 150 bok kandang lebah madu tersusun rapi.


Selama menekuni budidaya lebah madu, antara keluh kesah pasti ada 'ya biasa dibilang faktor ekonomi yang semakin meningkat saat ini sementara pendapatan dibawah rata-rata. Itupun, saya berusaha tetap bertahan melakukan budidaya lebah madu. Karna, satu-satunya jalan usaha saya untuk menutupi kehidupan keluarga. "Ungkap Konda. 


Namun, karna tekad saya tidak akan meninggalkan atau beralih profesi sudah merasakan dan memahami percis lebah madu klanceng khasiat yang dapat membantu bagi orang mengalami berbagai gejala penyakit. Hal ini, menjadi tanggung jawab agar budidaya lebah madu tetap terjaga dan dapat bermanfaat bagi semua orang.


Lanjut Konda, kalau berbicara kedokteran tentunya saya bukan ranahnya. Tapi, berbicara pengalaman dan mengalami tentu beda lagi pembicaraannya. Bahkan, saya pelajari selama 7 tahun dari berbagai pengalaman dan informasi didapat mengenai lebah madu ini semakin paham khasiatnya. 


Seperti, dapat minimal mengatasi dan mencegah lewat lebah madu gejala diabetes, penyakit jantung,  mengatasi flu, mengobati luka, hingga menjaga kebugaran."Tuturnya.


Tambahnya, apalagi yang saya ketahui menurut kepercayaan diyakini bahwa lebah sudah tertulis dalam kitab Al'Quran. (QS. Surat An-Nahl [16] ayat 68-69). Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang dibukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minumam (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." Jelas Konda.  (TM/Wawan Kusnawan) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama