KIPAN Adakan Pelatihan kader Inti Pemuda Anti Narkoba Kabupaten Bandung Barat


elitKita.com- 200 orang ikut pelatihan kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN),  pelatihan untuk pemuda bersih narkoba atau disebut pemuda bersinar.  Pelatihan diadakan di gedung Pemkab KBB lantai 4. Kamis 03/08/2023.


Menurut Devi Magdhalena selaku ketua KIPAN Jawa Barat tujuan diadakan pelatihan untuk menciptakan program bersih dari narkoba sekaligus mengajak ratusan peserta Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN).


Kipan Jawa barat akan membentuk 27 kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat, khusus untuk Kabupaten Bandung barat, sebelum terbentuk per kecamatan kita bentuk dulu kabupaten karena pelatihan ini, intinya untuk pengurusnya  dulu dan insya Alloh nanti berkelanjutan pembentukan di setiap kecamatan, desa dan setiap campus yang ada di jawabarat" ujar Devi.


Lanjutnya Pembentukan  KIPAN  berdasarkan Kemenpera  Inpres no 2 tahun  2020, salah satu syaratnya kepemudaan berumur antara 16 Sampai 30 tahun


Devi Magdhalena selaku ketua kipan berpesan kepada pemuda pemudi yang dilatih "saya tekankan komitmen tetapkan bahwa generasi kita itu tidak akan bersinar bila kita terjerumus hal-hal yang negatif seperti mengkonsumsi narkoba dan minuman keras bahwa kita harus tingkatkan jiwa simpati dan empatinya sadar akan bahaya bisa merusak jiwa dan mental " ungkapnya.


Organisasi kader inti pemuda anti narkoba (KIPAN) ini mempunyai program untuk pendampingan ketingkat desa untuk dibentuk agar nantinya tidak banyak  kasus kasus yang menyalah gunakan atau memakai obat obat terlarang.


Kami pastikan dalam slogan KIPAN kader inti pemuda anti narkoba sendiri insyaallah kami akan menjadi kader utama yang ada dan memberantas narkotika sampai ke tingkat desa., Tegas Devi Magdhalena.

 

Hal lain disampaikan oleh Ekayana Fungsional penyuluhan BNN Kabupaten Bandung Barat, Pada intinya bahwa BNN KBB punya misi bahwa kejahatan narkotika, kejahatan narkoba, kejahatan nafsa bukan tanggung jawab atau kerja kerasnya BNN aja, tetapi semua pihak harus terlibat. Terutama dari Pemuda-pemuda karena pemuda inilah yang akan menjadi penerus bangsa. Penerus kami yang sekarang ini dilatih untuk mensosialisasikan dan terus menerus untuk melawan narkoba.


Kita bentuk dan kita latih pemuda pemudi kabupaten Bandung Barat kemudian ada kaderisasi dengan pelatihan kader inti pemuda anti narkoba. Selanjutannya para peserta pelatihan akan terus menerus di edukasi dan di sosialisasikan kepada masyarakat oleh pemuda-pemuda yang dibentuk secara inti. Ujarnya Ekayana (Fungsional penyuluhan BNN Kabupaten Bandung Barat). (T.Red.SG)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama