Menhan Prabowo Resmikan Penetapan Komcad 2023


elitKita.com Bandung Barat, -  Menteri Pertahanan Prabowo mewakili Presiden RI memimpin Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2023 sebanyak 2.497 orang dilapangan Hitam Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar Jawa Barat Jumat, 11/8/2023.


Menhan Prabowo saat menetapkan secara resmi Penetapan Komcad 2023. “Dengan mengucap "Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan secara resmi Penetapan Komcad 2023.


Dengan dilanjutkan pembacaan amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo, kepada seluruh Komcad bahwa Indonesia perlu terus memperkuat daya tangkal masyarakat dan bangsa untuk waspada pada setiap potensi ancaman, menyiapkan antisipasi sedini mungkin serta terus membangkitkan kesadaran bela negara.


“Pertahanan negara tidak cukup hanya ditangani kekuatan militer, tetapi tugas dan kewajiban seluruh Warga Negara Indonesia. ” kata Presiden RI, seperti dibacakan oleh Menhan Prabowo.


Presiden Jokowi, menyampaikan terima kasih dan selamat kepada seluruh anggota Komcad yang telah ditetapkan serta atas kerelaan mereka menjadi anggota Komcad. Hal ini, menjadi inspirasi bagi rakyat Indonesia untuk membuktikan kecintaan kepada bangsa dan negara.


Menhan Prabowo, berkesempatan menyaksikan demonstrasi kemampuan Komcad pertahanan negara antara lain ; aktraksi latihan menembak dan bongkar pasang senjata dilanjutkan bela diri dengan tangan kosong juga aktraksi tongkat juga pisau serta olah tenaga menarik truk dengan berat kurang lebih 3 ton aktraksi kolone senapan di akhiri defile pasukan Komcad yang melintasi mimbar upacara.



“Saya menyampaikan rasa bangga, terima kasih sebesar-besarnya dan penghargaaan atas penampilan saudara, disiplin serta semangat saudara hari ini,” ucap Menhan Prabowo.


Pembentukan Komcad merupakan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 27, mengamanatkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara serta pasal 30, menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan serta keamanan negara.



Selain itu, pembentukan Komcad juga merupakan tindak lanjut amanat Undang Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2002, tentang Pertahanan Negara serta UU Nomor 23 Tahun 2019, tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara yang mengamanatkan pembentukan Komcad.


Amanat UU, tersebut telah diimplementasikan Menhan Prabowo dengan pembentukan Komcad di tahun 2021, 2022, dan 2023. Pada gelombang pertama di tahun 2021 berjumlah 3.103 orang, gelombang kedua di 2022 berjumlah 2.974 orang dan di tahun 2023 sebanyak 2.497 orang.


Maka sejak 2021 sampai dengan 2023, jumlah Komcad yang sudah ditetapkan sebanyak 8.574 orang.


Dari 2.497 orang di 2023 sendiri terdiri dari Komcad Matra Laut sebanyak 500 orang (450 pria dan 50 wanita), Matra Udara sebanyak 500 orang pria dan Matra Darat sebanyak 1.497 orang.


Dalam upacara penetapan Komcad tahun 2023 ini Menhan Prabowo didampingi Menko Polhukam Mahfud MD dan Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid, pejabat perwakilan dari Mabes TNI serta Mabes Angkatan, pejabat Kemhan, begitupula sejumlah Atase Pertahanan negara sahabat. (Redaksi) 


EDITOR : TM

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama