Gaya Kepemimpinan berupa Coach Pembimbing atau Sebagai Pembimbing

 

BANDUNG BARAT ||elitKITA||


Maju mundurnya suatu bangsa sangat ditentukan oleh cara dan bentuk kepemimpinan yang dilaksanakan dalam mengelola oraganisasi yang di kelolanya. Gaya atau model kepemimpinan yang mampu mendorong akselerasi perubahan mindset dan culture set sangat diperlukan pola kepemimpinan yang paling cocok untuk diaplikasikan dalam kondisi yang dihadapi pada kondisi yang terjadi dilapangan. 


Salah satunya adalah kepemimpinan Coach atau kepemimpinan sebagai pembimbing yang mampu melakukan proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil, dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coachee.


Secara umum Kepemimpinan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian kepemimpinan adalah : perihal pemimpin atau cara memimpin,  Pembimbing, Adalah orang yg membimbing; pemimpin; penuntun


Dalam suatu organisasi, "kepemimpinan" merupakan salah satu faktor utama yang mendukung kesuksesan organisasi dalam mencapai tujuan, organisasi sebagai “wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri”. 


Memahami teori-teori, "kepemimpinan"  sangat besar artinya untuk mengkaji sejauh mana kepemimpinan dalam suatu organisasi telah dapat dilaksanakan secara efektif serta menunjang kepada produktifitas organisasi secara keseluruhan.


Salah satu gaya kepemimpinan yaitu kepemimpinan Pembimbing atau coaching.  Menurut (Grant, 1993). Coaching adalah sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil, dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coachee. (a'hendra)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama