Peran Dan Fungsi Intelijen dalam mendapatkan informasi dalam masyarakat

 

BANDUNG BARAT ||eliTkita 🇮🇩||

Dalam menanggulangi setiap ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menurut undang-undang salah satunya merupakan tugas Kepolisian.


Lebih khusus dilaksanakan oleh satuan intelijen yang merupakan bagian integral dalam organisasi Kepolisian RI, pada hakekatnya merupakan salah satu fungsi operasional Kepolisian yang mempunyai peran sangat penting, sebagai mata dan telinga pimpinan, dalam kegiatan deteksi dini (early detection) dan peringatan dini (early warning). 


Secara umum fungsi intelkam berupa menyelenggarakan kegiatan dan operasi Intelijen Keamanan di bidang penyelidikan, pengamanan dan penggalangan guna pencegahan dini serta terselenggaranya deteksi dini (early detection) dan peringatan dini (early warning).




Oleh karena itu, setiap nilai informasi dapat menggambarkan tentang kondisi sasaran di lapangan yang patut menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. 


Fungsi Intelijen sebagai satuan yang dikembangkan untuk dapat mendeteksi dini dan membuat perkiraan keadaan kedepan dalam rangka mengantisipasi keadaan, penciptaan kondisi dan pengamanan kebijaksanaan pimpinan. Hal utama yang perlu digaris bawahi bahwa fungsi Intelijen adalah memberikan masukan berupa informasi yang berkembang didalam masyarakat guna pengambilan keputusan pimpinan. (A'Hendra)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama