Bunda Sukmawati Arsan : Terbentuk Ketua Satgas Paaredi Ujung Tombak "Pencegahan Kekerasan terhadap Anak dan Remaja di Era Digital"


𝐊𝐀𝐁𝐔𝐏𝐀𝐓𝐄𝐍 𝐁𝐀𝐍𝐃𝐔𝐍𝐆 𝐁𝐀𝐑𝐀𝐓

Pelantikan Satuan Tugas Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital dan Cegah Tindak Kekerasan (PAAREDI), digelar bertempat Gedung HBS Cimareme Kabupaten Bandung Barat Kamis, 25/1/2023.


Pelantikan dengan dihadiri oleh ketua TP PKK KBB bunda Sukmawati Arsan didampingi Camat Ngamprah dan Saguling serta Padalarang termasuk Kepala Desa di tiga Kecamatan juga Ketua TP PKK dari tiga Kecamatan hadir pula Ketua Pokja 1 dari Puskesmas para kader berikut para tamu undangan. 


Kekerasan dalam Rumah Tangga adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis juga penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan pemaksaan bahkan perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.


Kekerasan terhadap perempuan, setiap tindakan kekerasan berdasarkan gender yang menyebabkan kerugian bisa penderitaan fisik, seksual, psikologis terhadap perempuan, termasuk ancaman untuk melaksanakan tindakan tersebut dalam kehidupan masyarakat dan pribadi. 


Tindak kekerasan rumah tangga memberikan penderitaan baik secara fisik maupun mental di luar batas-batas tertentu, terhadap orang lain yang berada di dalam satu rumah ; seperti terhadap pasangan hidup, anak, orang tua ; dan tindak kekerasan tersebut dilakukan di dalam rumah.


Dalam sambutannya Camat Ngamprah Agnes Firganty, dengan adanya Satgas Paaredi Cekas ini agar kita semua bisa memantau keberadaan warga terutama dalam hal kekerasan perempuan dan anak yang berada di sekitar lingkungan kita. Hal ini, jangan sampai terjadi, kita lindungi anak-anak dan perempuan, berikan hak-hak anak, fasilitasi dengan Rumah Aman, cegah pernikahan dini dari usia pernikahan perempuan 21 tahun sedangkan laki-laki 25 tahun. "Ucap Agnes. 


Diakhir sambutan Bunda Sukmawati Arsan, menyampaikan dengan terbentuknya Ketua Satgas Paaredi Cekas ini mampu untuk melaksanakan tugas dan fungsinya serta bertanggung jawab yang merupakan ujung tombak Pencegahan Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan. Berpesan kepada masyarakat KBB, mari kita bersama-sama mewujudkan keluarga yang harmonis, mampu membangun kecintaan terhadap keluarga, membentuk karakter yang baik terhadap keluarga, berjuang bersama-sama didalam menjalankan keluarga dengan penuh rasa tanggung jawab keluarga dan menciptakan keluarga yang mawada, sakinah, warahmah. "Itu mungkin yang saya bisa sampaikan, karena terbentuk Satgas ini hanya bisa memantau atau melakukan tindakan persuasif dengan kata lain cara mengajak melalui bimbingan, minimal bisa mempermudah bagi masyarakat yang ingin melakukan hak-haknya untuk berlindung. "Papar Bunda Sukmawati. (𝐁.𝟎𝟕) 


𝐄𝐝𝐢𝐭𝐨𝐫 𝐓𝐨𝐧𝐢 𝐌𝐚𝐫𝐝𝐢𝐚𝐧𝐚

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama