Desa Ciburuy menyambut kunjungan Bilateral Timor Leste


𝐊𝐀𝐁𝐔𝐏𝐀𝐓𝐄𝐍 𝐁𝐀𝐍𝐃𝐔𝐍𝐆 𝐁𝐀𝐑𝐀𝐓

Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat menyambut kedatangan tamu Sekretaris Negara Pembangunan Daerah Timor Leste, dalam momen kunjungan bilateral kedua belah pihak negara terkait "studi banding Desa Digital" Timor Leste dulu merupakan bagian dari NKRI dengan nama Timor Timur Rabu, 24/1/2024.


Dalam kegiatan Kunjungan disambut oleh Kemendes Dirjen PDP, Kabid Ekonomi Provinsi, Kadis DPMD KBB, Sekcam dan Kades Ciburuy termasuk perangkat desa Babinsa serta Kamtibmas. 


Dalam lawatan tersebut Kades Ciburuy Firmansyah memaparkan, sangat luar biasa dapat kunjungan dari Sekretaris Negara Timor Leste dan sebagai studi banding "Desa Digital". Dimana tim dari kunjungan birateral kedua negara bisa saling tukar informasi perkembangan di wilayah dengan adanya pelayanan Digital dan menjadi ketertarikan yang betul-betul ingin segera untuk diimplementasikan dengan pola desa-desa kedua negara.


Firmansyah lebih lanjut menegaskan, bahwa desa Ciburuy pada tahun 2022 sudah mengimplementasikan aplikasi Simpel Desa. Ini adalah salah satu aplikasi yang mewadahi 3 Smart, yakni Smart Goverment yang melayani terhadap masyarakat secara administrasi. Untuk Smart Sosial, lebih kearah antara desa dengan masyarakat tidak terpisahkan bisa interaksi secara langsung dan juga Smart Ekonomi yang sudah direalisasikan dibidang PPUP (Pengawasan Penyelenggara Urusan Pemerintah). 


Harapannya semoga di tahun 2024 ini, kita bisa terintregrasi aplikasi yang kita pakai dengan Dinas Bapemda yaitu Perpajakan. Jadi masyarakat Ciburuy bisa membayar SPPT atau PBB, dengan menggunakan aplikasi Simpel Desa. "Paparnya. 


Firmansyah menambahkan, untuk membangun Desa Digital bukan hal yang gampang. Kita harus sosialisasi ke masyarakat, walaupun tujuannya untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Dan masih tetap polanya kepada SDM-nya dan Koneksi atau Signal serta keterbatasan peralatan seperti hp. Kedepannya, kami akan buat perencanaan "Net Work Desa" agar supaya tidak ada lagi alasan bagi masyarakat tentunya masyarakat bisa menggunakannya. Dari pemanfaatan bisa terserap dan terasa oleh masyarakat, "ucapnya.


Sementara Kadis DPMD Dudi menuturkan bahwa Negara Timor leste, ingin belajar bagaimana menata atau mengelola pemerintahan Desa lebih optimal dan bisa mendukung undang-undang Negara-nya. " Ringkasnya. 


Sekertaris Negara Timor Leste Mateus W Dos San Talk dalam kunjungannya, beliau melihat secara langsung Program Pembangunan Desa yang telah sukses dengan digitalisasi di Desa Ciburuy beserta tim rombongannya. Mateus, akan menyematkan Infrastruktur, sumber daya manusia dan digital sebagai contoh juga studi banding untuk bisa memajukan desa-desa di Negara Timor Leste. "Ungkapnya. (-𝐢𝐲𝐮𝐬-)


𝐄𝐝𝐢𝐭𝐨𝐫 𝐓𝐨𝐧𝐢 𝐌𝐚𝐫𝐝𝐢𝐚𝐧𝐚

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama