Kecamatan Ngamprah Kedatangan Inspektorat Dalam Acara Audit Kinerja Perangkat Desa 2023


Elitkita.com-KBB-Inspektorat KBB mengadakan audit di Kecamatan Ngamprah prihal kinerja Perangkat Desa  tahun 2023  di aula Kecamatan Ngamprah yang di hadir 11  desa yang ada di Kecamatan Ngamprah. Selasa 16/01/2024.


Inspektorat Kabupaten Bandung Barat sebagai aparat pengawas intern pemerintahan salah satu fungsinya adalah audit kinerja organisasi perangkat daerah di Kabupaten bandung barat, termasuk audit atas kinerja desa. Pada tahun anggaran 2023 ini . 


Dalam kegiatan audit atas kinerja desa ini, dihadiri oleh Irban Pindra Gunawan, Camat Ngamprah Agnes Virganty S.STP.,M.Si, beserta jajaran, Kepala desa dan sekdes se-kecamatan ngamprah


Saat dihubungi elitKita.Com di sela-sela kegiatan audit, Indra Gunawan Irban mengatakan Kegiatan ini sudah biasa dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan PKPT yang ada di inspektorat, program kerja dan pengawasan bangunan.


Lanjut Indra, pemeriksaan ini bukan hanya di desa tapi juga di kecamatan di sekolah SD, SMP juga di puskesmas, rumah sakit dan SKPD di seluruh instansi dilakukan pemeriksaan inspektorat KBB. Dalam kegiatan yang dilakukan oleh inspektorat dibagi menjadi 4 wilayah, setiap wilayah punya 4 binaan kecamatan dan 7 SKPD dan program ini sudah biasa dilakukan oleh inspektorat KBB.


Penyampaikan konsultasi atau quality insurance yaitu penyajian dan laporan keuangan yang baik, benar dan dapat dipertanggungjawabkan ketika disajikan untuk pemeriksa eksternal yaitu dari BPK agar kita mendapatkan opini WTP (wajar tanpa pengecualian) itu yang diidam idamkan oleh semua kabupaten karena kalau kita tidak mendapatkan WTP (wajar tanpa pengecualian) akan ada sangsi apalagi kalau sampai mendapat WDP (wajar dengan pengecualian) akan mendapat sangsi keuangan yang paling parah ketika kita mendapatkan disclaimer yang artinya laporan keuangannya tidak bisa dibaca dan dinilai berarti tidak bisa disajikan dengan baik.


Ketika mendapatkan disclaimer itu akan diambil alih oleh pemda dan dianggap belum mampu menyajikan pemerintahan yang baik dan benar dan dapat mempertanggungjawabkan. Dan sudah 2 tahun ini kita mendapatkan WTP prestasi yang luar biasa. 


Hal senada di ungkap Camat Ngamprah Agnes virganty. S, STP, M.SI menyampaikan program kerja perangkat desa yang mana hari ini Inspektorat KBB mengontrol program kerja tahuan secara serentak di 8 Kecamatan salah satunya di Kecamatan Ngamprah kabupaten Bandung Barat.


Kegiatan inspektorat ini lebih kepada pengawasan dan kecamatan lebih kepada pembinaan sesuai dengan regulasi PP 12 tahun 2017 dan permendagri no 19 tahun 2023 kami pun selalu monitoring dan evaluasi kaitan baik dari perencanaan, pelaksanaan, perusahaan, pelaporan sampai dengan pertanggungjawaban keuangan. 


Lanjut Agnes Camat Ngamprah, Hari ini hadir pula dari APIP untuk learning apabila ada yang keliru juga memberikan quality insurance dari APIP nya pemerintah daerah dan dari 11 desa tidak keseluruhan tapi ada pilot projek dimana tim akan turun langsung ke desa ini adalah sebagai langkah agar kami bisa memberikan yang terbaik untuk Bandung Barat


Harapan Kami, pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam laporan keuangan Kabupaten Bandung Barat bisa mendapat WTP (wajar tanpa pengecualian) kembali. Sampai sejauh ini hasil pembinaan kami ke desa desa se Kecamatan Ngamprah kami lihat sudah sesuai aturan Perbup pengelolaan keuangan no 46 tahun 2012 ataupun pengelolaan aset desa. (Doni Arab)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama