Pj. Bupati KBB Terima Penghargaan Khusus dari Mendagri


𝐊𝐀𝐁𝐔𝐏𝐀𝐓𝐄𝐍 𝐁𝐀𝐍𝐃𝐔𝐍𝐆 𝐁𝐀𝐑𝐀𝐓

Pj. Bupati KBB Arisan Latif menerima penghargaan khusus dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri), atas peran sertanya dalam mempercepat proses perekaman dan percetakan E-KTP menjelang Pemilu 2024. 


Kategori Kepala Daerah atau Pembina Administrasi Kependudukan terinisiatif dalam Atensi dan Dukungan Anggaran dari Kementerian Dalam Negeri yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri DR,. Drs. Teguh Setyabudhi M. Pd., pada forum Perangkat Daerah Disdukcapil Provinsi Jawa Barat di Conventiin Hall Hotel Harris Bandung Senin, 19/2/2024.


Arsan, menjabarkan tentang permasalahan Kependudukan yang merupakan urusan wajib dan kebutuhan dasar harus di penuhi oleh Pemerintah Daerah disamping tanggung jawab melakukan perekaman data para pemilih pemula menjelang pemilu.


𝐒𝐮𝐤𝐬𝐞𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐦𝐢𝐥𝐮 𝟐𝟎𝟐𝟒

Saat itu, saya memerintahkan Dinsukcapil untuk segera melakukan percepatan proses perekaman E-KTP. Namun kami terkendala, oleh keterbatasan blanko dan alat perekaman yang dimiliki. Dan, dalam rangka percepat kami sudah mendapatkan 32 ribu blanko dari Kemendagri, tapi masih membutuhkan 5 alat perekaman baru. Sementara untuk pengadaannya tidak ada pada DPA," katanya.


Oleh sebab itu, mengacu pada pasal 69 ayat 2 PP Nomor12 Tahun 2019, tentang Keuangan Daerah yang mengatakan apabila ada pelayanan dasar yang belum tersedia anggarannya. Maka bisa menggunakan Biaya Tak Terduga (BTT), apabila dalam keadaan mendesak atau darurat. 


Mengingat kependudukan merupakan keharusan tentang pelayanan dan merupakan kebutuhan dasar, terutama dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024. 


"Dan menjelang pemilu, kami menggelontorkan sejumlah anggaran dari BTT untuk 5 alat tersebut mengacu pada pasal 69 ayat 2 PP Nomor12 Tahun 2019, tentang Keuangan Daerah. Mungkin hal tersebut, mendasari Kemendagri memberikan penghargaan ini, " ungkapnya.


Melalui proses perekaman yang menyita waktu, tenaga, pikiran dan biaya, akhirnya Disdukcapil Bandung Barat berhasil melakukan perekaman E-KTP hingga hampir 90 persen pemilih pemula dan masyarakat lainnya yang telah memenuhi syarat.


"Alhamdulillah berdasarkan data sementara, angka partisipasi masyarakat Kabupaten Bandung Barat pada pelaksanaan Pemilu 2024 mencapai 88 persen. Ini, menunjukan bahwa kesadaran politik masyarakat juga semakin tinggi." Ucapnya.


Untuk terus mengefektifkan proses perekaman dan pencetakan E-KTP di Kabupaten Bandung Barat Arsan Latif, akan membagiakn untuk menyebarkan 5 alat tersebut ke seluruh wilayah. Jika kita tidak masih diperlukan, Ia akan memberikan tambahan alat lainnya sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas. "Pungkasnya. (𝐃𝐨𝐧𝐢 𝐀𝐫𝐛) 


Editor 𝐓𝐨𝐧𝐢 𝐌𝐚𝐫𝐝𝐢𝐚𝐧𝐚.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama