Pelantikan MABI Dan Pimpinan Saka, Bukti Geliat Gerakan Kwarran Pramuka Cipatat


𝐊𝐀𝐁𝐔𝐏𝐀𝐓𝐄𝐍 𝐁𝐀𝐍𝐃𝐔𝐍𝐆 𝐁𝐀𝐑𝐀𝐓

Gerakan Pramuka Ranting Kecamatan Cipatat, gelar Rapat Kerja ke 2 Tahun 2024. Juga pada kesempatan tersebut, sekaligus diadakan pelantikan MABI dan Pimpinan Pangkalan Saka se-Kecamatan Cipatat.


Tempat kegiatan dilaksanakan di halaman gedung Yayasan ASYIFA desa Kertamukti Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Penyelenggaraan dilakukan pada Kamis, 29/2/2024. Prosesinya, pelantikan dilakukan kepada Danramil Cipatat Kapten Inf. Iyet Saryana sebagai MABI Pangkalan Saka Wirakartika, sementara Kapolsek Cipatat AKP. Kusnawan dilantik sebagai MABI Pangkalan Saka Bhayangkara, selain itu juga Kepala Puskesmas Rajamandala dan Cipatat serta Sumur Bandung sebagai MABI Pangkalan Saka Bhakti Husada, kepala BKPH. Perhutani Rajamandala sebagai MABI Pangkalan Saka Wana Bhakti, kepala LPTM. Bina Insani sebagai MABI Pangkalan Kalpataru. BPP Pertanian Cipatat sebagai MABI, Pangkalan Saka Taruna Bumi, Kepala P2AKB. Cipatat, sebagai MABI Pangkalan Saka Kencana juga Kepala KUA Kecamatan Cipatat sebagai MABI Pangkalan Saka Amal Bhakti. 


Selepas acara dalam Sambutannya Acep Agus Janjani, selaku ketua Kwaran Cipatat menyampaikan bahwa ia meyakini dalam susunan pengurus kwarran Cipatat pada saat ini harapannya optimis bisa mempertahankan sekaligus memberikan dampak positif yang berdampak pada peningkatan kepengurusan maupun keanggotaan di berbagai aspek kepramukaan serta keinginannya bisa amanah dalam melaksanakan tugas dan dapat menjalankan program kerja hasil musyawarah ranting dengan maksimal.


“Kepada para MABI dan kwarran yang baru, saya berharap agar bisa menjalaninya secara amanah dan baik dengan membuat dan menjalankan program kerja yang maksimal. ” Ungkapnya.


Eksistensi gerakan Pramuka Cipatat, lanjut Acep kini keadaannya mulai menggeliat pada salah satu proyeksi perencanaannya kini sedang melaksanakan persiapan untuk ikut serta membangun Masyarakat melalui Pembinaan Kesakaan. Skema implementasinya, sambung Acep yakni nantinya para Praja muda tersebut akan ditugaskan turun ke Masyarakat, sehingga akan tercapai VISI Kwaran yaitu Gerakan Pramuka dapat  bermanfaat bagi Masyarakat. Maka, dianggap perlu adanya kerjasama antar Instansi dan Lembaga terkait guna mewujudkannya.


"Perlu diketahui bahwasannya, untuk merealisasikan ini semua, harus ada kolaborasi yang selaras atau kerjasama yang solid dengan semua pihak terkait terutama dengan masyarakat," ungkapnya.


Sementara Camat Cipatat Drs. Sulaena Faisal MIP., selaku Ketua MABIRAN Cipatat dalam sambutannya, menyatakan rasa bangga dan terharu terhadap refleksi antusias dan semangat yang diberikan dari para Pramuka dalam kegiatan itu. Ketika memberikan Bendera Saka, kepada tiap MABI Pangkalan Saka, ia pun serta merta turut terbakar sikap patriotismenya.


Untuk itu, katanya momen tersebut diharapkan selain sebagai bentuk eskalasi kepramukaan kewilayahan juga bisa dijadikan suatu alternatif yang dapat menjadi alat perekat Persatuan Bangsa, khususnya dalam mewujudkan kepedulian sosial kemasyarakatan di Kecamatan Cipatat. 


Kini Camat Cipatat yang resmi menjadi wakil mutlak dari KWARCAB Bandung Barat tersebut, pada sambutannya memohon kepada seluruh pihak dan masyarakat untuk mendukung segala perencanaan demi tercapainya tujuan yang telah terkonsentrasi yakni kepada peningkatan dan kemajuan. Juga Faisal, pada kesempatan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Lembaga, Instansi dan para Kepala Sekolah  sebagai MABIGUS yang telah berjibaku bahu membahu memberikan Suport kepada Kwartir Ranting.


"Saya haturkan terimakasih kepada seluruh pihak, sehingga Pembinaan Generasi Muda melalui Gerakan Pramuka, tetap berjalan dengan baik, demi  terwujudnya Generasi yang Berakhlak dan memiliki Moral yang tinggi sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka," tutupnya. (𝐁𝐮𝐝𝐢.𝟎𝟕) 


Editor 𝐓𝐚𝐳𝐞𝐫𝐢.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama