PemDes Puteran Bagikan BLT DD 2024, Kades : Upayakan Tepat Sasaran


KABUPATEN BANDUNG BARAT

Program strategis Bantuan Langsung Tunai (BLT), diluncurkan dengan tujuan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan masyarakat di daerah pedesaan.


Pada realitanya program ini penerima secara spesifik harus memenuhi kriteria penerima, jumlah yang akan diberikan serta sanksi bagi melanggar aturan.

Bagi penerima program ini, sebagai sarana pendukung atas kegiatan usaha mereka.


Selain itu program ini juga fokus pada pengembangan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM dan percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM, mengurangi stunting dan membantu pencapaian sasaran - sasaran jangka menengah dan panjang pada tahun 2024.


Relevansinya Pemerintah Desa Puteran Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat pada Kamis, 18/4/2024 salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD tahun 2024.


Sebagaimana esensi tujuannya, bantuan tersebut diberikan kepada warga yang masuk kedalam kriteria sebagai penerima manfaat dimana sudah melalui rangkaian tahapan verifikasi. Jenis bantuan itu berupa uang tunai, sehingga dapat menjangkau fleksibilitasnya tergantung keinginan penerima dalam mengelola keuangannya.


"Tujuan penyaluran BLT DD ini, adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa yang bersumber dari Dana Desa untuk sasaran percepatan, penghapusan kemiskinan dan mengurangi dampak ekonomi. " Ungkap Kepala Desa Puteran Yandi Herdiana S.IP.


Terkait prosesi penyerahannya Yandi menyebutkan, dilaksanakan di gedung Aula kantor desa dan ada pengecualian bagi yang sudah jompo mekanisme pemberiannya dikunjungi langsung ke kediamannya.


"Kami melayani penyerahan BLT ini, diantar langsung ke rumah bagi penerima yang jompo. Dan, pada prinsipnya sasaran bantuan ini bagi warga miskin yang betul -  betul dengan keadaan sangat membutuhkannya. Oleh karena itu, kami menghimbau pergunakanlah sebaik mungkin dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan. " Ucapnya.


Ditempat sama Kasi Kesra Desa Puteran Krisna Firizkiana, senada menyatakan terhadap pelaksanaan penyaluran bantuan itu, "dirinya juga ikut berperan, turut mendampingi petugas yang sudah ditetapkan mendatangi kerumah - rumah penerima  BLT bagi jompo dan yang sakit.


Terdaftar, kata Krisna sebanyak 35 orang yang mendapatkan BLT di Desa Puteran. Dan, data penerima bantuan ini berlandaskan dari pengajuan ketua RT serta RW diwilayahnya masing - masing sudah paham dan mengetahui akan warganya yang memang membutuhkan bantuan.


"Peran RT dan RW dibutuhkan, agar bantuan tepat sasaran. Skema penyaluran ini, dilaksanakan per-tri wulan dari bulan Januari dan Februari serta Maret dengan masing - masing menerima Rp. 900 ribu rupiah." Sebutnya.


Krisna menambahkan, bahwa BLT DD adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau kurang mampu untuk mencegah taraf kesejahteraan masyarakat miskin akibat kesulitan ekonomi. Selanjutnya, ia mewanti - wanti bagi penerima BLT agar bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan. Sehingga dengan adanya bantuan itu, bisa meningkatkan kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan di keluarga masing - masing. 


Dikonfirmasi penerima BLT diantaranya Fatimah (89) dan M. Masriyah (64), dengan adanya pemberian berupa uang tunai tersebut mereka merasa senang dan mengucapakan rasa terima kasih kepada pemerintah Desa Puteran. Karena dengan adanya bantuan ini, setidaknya bagi mereka hal itu bisa meringankan bebannya.


"Alhamdulillah, dengan bantuan ini. Saya sangat senang sekali, terima kasih kepada pemerintah desa Puteran. Karena bantuan ini benar - benar telah meringankan beban ekonomi Kami yang tengah kesusahan," tutupnya. (Iyus)


Editor Tazeri.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama