Market Day, Upaya Pengenalan Kurikulum IKM bagi Siswa - Siswi SDN 1 Cimerang


KABUPATEN BANDUNG BARAT, 

SDN 1 Cimerang Kecamatan Batujajar, menggelar kegiatan Market Day bertempat dihalaman depan sekolah Kamis, 6/6/2024.


Kegiatan Market Day, merupakan kurikulum IKM atau Kurikulum Merdeka. Hal ini, mendekatkan siswa - siswi mulai mengenalkan terhadap praktik - praktik baik pada kesatuan pendidikan. Juga, dapat meningkatkan soft skill Kewirausahaan dengan mengimplementasikan model Project Based Learning (PBL).  Tentunya, merekonstruksi pengetahuan, keterampilan dan mengkulminasikan dalam berbagai produk nyata. 


Saat ditemui elitkita.com, pihak kepsek Asep Suparman S. PD., beliau menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini yaitu program Kurikulum Merdeka, dengan tema "kewirausahaan siswa". Agar, supaya anak didik lebih mengenal kedepannya dan memahami kurikulum ini sebagai pembelajaran dan asesmen. Bagaimana kita membentuk pelajar yang kompeten dan berkarakter melalui transformasi pembelajaran, " ucapnya. 


Selain itu, kegiatan ini kami mulai mengenalkan kepada siswa - siswi dengan dasar - dasar mengetahui asal berbagai bahan makanan, cara proses  pengolahan, nilai gizi, terutama yang berbahan dasar lokal. Jadi siswa - siswi dapat diarahkan jangan asal jajan, tetapi harus mengetahui manfaat untuk kesehatan. Nanti, akan menjadi nilai plus dan ada nilai khusus dalam raport IKM. "Ungkapnya.


"Rencana untuk tahun ajaran 2024 -2025, akan ada out time clas. Misalnya, kunjungan ke kota baru, bagaimana mengenal cara melukis, menggambar dan  mewarnai. Lalu akan dilanjutkan berkunjung ke saung ijo, kita bisa melihat bagaimana proses pembuatan calung, merakit, menggunakannya. Namun saat ini, pihak sekolah belum bisa melaksanakan karena harus memakai dana. "Tandasnya. (Budi.13)


Editor Toni Mardiana.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama