Tingkat Sekolah Dasar, Muhammad Rifal Alfarizi Raih Medali Emas di MKP Campionship 5 Se-Jawa Barat


KABUPATEN BANDUNG, 

Pada Sabtu, 29 Juni 2024 Perguruan Silat Macan Kumbang Pajajaran resmi menggelar Kejuaraan Pencak Silat bertitel MKP Championship Ke- 5. Pertandingan antar "Jawara" tersebut, bertemakan "Jadilah Bagian dari Pelestarian Budaya Bangsa Yang Mendunia".


Berlangsung di Dome Bale Rame Soreang Kabupaten Bandung, Dandim 0624/Kabupaten Bandung Letkol Inf Tinton Amin Putra S.E Bersama Ketua MKP Jabar, H. Asep Syamsul Falah ARM,. S.Ip., dan Ketua IPSI Kabupaten Bandung Drs. AKBP (Purn) Suminta MH., membuka secara langsung Kejuaraan Pencak Silat MKP (Macan Kumbang Padjadjaran) Championship ke-5. Di ikuti dari berbagai padepokan yang ada di Jawa Barat, kejuaraan semakin kental prestisiusnya.


Berhasil memukau Wasit dan Dewan Juri, pertandingan kelas tanding tingkat sekolah dasar pada Kejuaraan bertempat Gedung Sabilulungan tersebut Rifal setelah mengalahkan kontingen dari Bogor keluar sebagai Juara satu.


Bernama lengkap Muhammad Rifal Alfarizi putra dari pasangan Ariyanti dan Jajang Supriadi ini, masih berusia 13 tahun merupakan siswa kelas 6 di Madrasah Ibtidaiyah Kp Cisasawi Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.


Ditemui dikediamannya Kampung Karangsari RT. 03/03 Ariyanti, mengaku bangga dan mengatakan bahwa hasil ini merupakan keberkahan Allah SWT., disamping kerja keras dalam latihan dan adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik dari orang tua dan pelatih." Saya merasa bangga dengan prestasinya, kejuaraan ini adalah sebagai modal Rifal untuk mencari prestasi sehingga dapat program - program beasiswa ataupun prestasi lainya,“ ucapnya.


Diterangkan Yanti, bahwa Rifal telah berlatih pencak silat di perguruan Gagak Lawung sejak masih pelajar kelas 4 MI/SD dan sering mendapatkan medali emas. Keberhasilan itu, disebutnya tak lepas dari dorongan semangat dirinya sebagai orang tua dan pelatih.


"Rifal, termasuk pesilat usia dini yang disiplin dalam berlatih. Terbukti, ia tidak banyak memporsir tenaga maupun teknik dalam latihannya. Sebelumnya ia juga sering meraih medali emas ini merupakan yang ke tiga kalinya," ujarnya.


Lebih lanjut Yanti menerangkan, kemenangan pada MKP Champions ini merupakan langkah untuk menjadi lebih baik. Selanjutnya, menjadi pemicu Rifal untuk berlatih lebih keras dan giat lagi di bawah arahan pelatih maupun orang tua.


“Saya berterima kasih kepada pelatih, sekolah dan semua pihak yang telah memberikan doa serta dukungannya sehingga Rifal bisa berprestasi di pencak silat. Alhamdulillah, semoga bermanfaat dan menjadikan anak kami semakin semangat berlatih agar kedepannya bertambah lebih baik lagi, ” ungkapnya.


Sementara Rifal menambahkan, bahwa dalam perjalanannya kedua orang tuanya selalu memberikan motivasi untuk terus disiplin dalam berlatih. Selain itu juga, selalu berpesan tidak diperbolehkan sombong dan harus tetap rendah hati dalam kondisi apapun.


"Kemenangan ini semata berkat orang tua saya yang sering memberikan nasehat agar berlatih dengan disiplin, jangan selalu diperintah, juga oleh pelatih Pak Daswan Muda yang konsisten memberikan pemahaman tentang teknik silat, " ujarnya. 


Rifal lebih jauh menyampaikan, kemenangan ini adalah ketika berbarengan dengan kelulusannya di MI dan hendak melanjutkannya ke Sekolah menengah pertama (SMP) sehingga menjadikannya sebagai momentum.


"Kemenangan ini pas dengan kelulusan sekolah, oleh karenanya Saya sangat bangga dengan kemenangan ini. Dan menjadi penyemangat dalam meningkatkan semangat untuk berprestasi, untuk itu Saya persembahkan kejuaraan ini untuk kedua orang tua saya,” pungkasnya. (Tazeri).


Editor Toni Mardiana.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama