Dana Anggaran Citarum Harum Periode tahun 2021-2025 mencapai Rp. 34 triliun lebih Seperti Apa Realisasinya ?


KABUPATEN BANDUNG BARAT, -

Sungai Citarum, merupakan sungai terpanjang di Provinsi Jawa Barat yang melintasi berbagai Kabupaten. Diantaranya melintasi Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang dan sebagai melintasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sumedang sertaKabupaten Bogor Minggu, 28/7/2024.


Sungai Citarum saat ini mendapatkan berbagai persoalan yang Kompleks diantaranya ; Pencemaran, Krisis air bersih, Limbah Rumah Tangga, limbah industri, Krisi ketersedian Energi, Banjir, Sedimentasi (Bappenas). Bahkan Sungai Terpanjang di Jawa Barat ini, mendapat predikat sebagai “Sungai Terkotor di Dunia” setelah sungai Gangga di India salah satu tempat pembuangan mayat. Hal tersebut sempat menjadi Isu yang luar biasa dan menjadi sorotan dari berbagai media, tentang keberadaan Sungai Citarum yang pada akhirnya membuat Masyarakat serta Pemerintah merasa sangat prihatin dengan kondisi tersebut. 


Melihat Potensi yang dimiliki sungai Citarum dengan jumlah popularitas penduduk meningkat diwilayah sungai Citarum, daerah aliran sungai sepanjang 269 km dan luas sekitar 695.500 hektar, air yang melimpah tak terlepas dari produksi padi Jawa Barat, ribu hektar tanaman padi, irigasi padi di Kabupaten Karawang, Purwakarta, Cianjur, Subang dan Indramayu.


Tesaurus Tematis dalam kajian berdasarkan dokumen Background Study Revisi Rencana Aksi PPK Das Citarum Harum tahun periode 2021-2025 ditaksir mencapai Rp. 34. 836. 168. 634. 959,- . Permasalahan, daya tampung dan alokasi beban pencemaran serta intervensi penanganan masih perlu dipertanyakan dengan berbagai informasi yang berkembang terkait dugaan pengadaan sarana dan prasarana tidak jelas. Hal tersebut, muncul anggaran paling terkecil pemasangan alat/sistem pemantauan kualitas air secara Kontinyu, Otomatis dan Online (Onlimo) tercatat dalam data bahwa desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat telah memiliki, namun entah dimana keberadaan lokasi dan alat tersebut disimpan. 


Dalam keterangan pers menurut sumber yang dapat dipercaya dari berbagai lapisan masyarakat desa Cihampelas, bahwa prasarana yang dilakukan sektor Citarum Sektor 9 dengan adanya pengadaan alat Onlimo tidak diketahui keberadaanya. Hal ini, sangat miris alat yang memang dibutuhkan tidak terpublikasikan kepada masyarakat dan masyarakat berhak mengetahuinya sejauhmana penanganan Citarum Harum Sektor 9. Termasuk, pasilitas jembatan non pajak yang membentang dua wilayah yang diharapkan masyarakat selain mempermudah akses termasuk penurunan tingkat kemacetan.


Online Monitoring (Onlimo) system, merupakan cara pengawasan yang efektip dan efisien bagi pengambil keputusan melalui aplikasi bisa kontrol dimanapun berada. Sistem pemantauan kualitas udara online dengan data tersaji, secara realtime. Sistem pemantauan ini, dilakukan dengan menggunakan unit sensor yang terintegrasi dengan unit data logger, unit transmisi data atau media komunikasi data dan sistem database berbasis Micro Processor Base (MPB)-Bappenas. (07) 


Editor Toni Mardiana.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama