Pelepasan Peserta Didik Kelas XII SMKS Bandung Barat "Mewujudkan Generasi Unggul dan Berkarakter Menuju Indonesia Emas 2045"


KABUPATEN BANDUNG BARAT, 

Secara prinsipal, siswa SMA/SMKS dinyatakan lulus setelah menyelesaikan seluruh program dan ujian pembelajaran mulai semester satu sampai semester enam dengan dibuktikan raport dengan tetap berpedoman pada Permendikbudristek nomor 21 tahun 2022, tentang Standar Nasional Penilaian. Namun kendati demikian hak prerogatif-nya, diserahkan kepada pihak sekolah melalui standarisasi kriteria.


Bagi siswa yang lulus, itulah hal yang diharapkan oleh karenanya Yayasan SMKS Bandung Barat berinisiatif merayakannya hingga menyelenggarakan acara kelulusan bertemakan "Mewujudkan Generasi Unggulan dan Berkarakter Menuju Indonesia Emas 2045. Kegiatan dilaksanakan pada (27/6/2024) digedung HBS, dihadiri oleh oleh Ketua SMKS Bandung Barat Irman Gusmawan S.Pd,. M.M., dan Pengawas sekolah provinsi Jawa Barat Kusnadi S.Pd,. M.Pd., Ketua Yayasan Dr. Masri Ers Mardjuki SH,. M.Si., juga Kepala Sekolah APT. Inne F Lhaksmiwati S.Si,. MM., termasuk tampak dihadiri Babinsa/Binmasas, begitupun hadir para orang tua serta para siswa.


Dalam keterangannya Ketua Yayasan SMKS Bandung Barat Dr. Masri Ers Mardjuki, terkait acara pelepasan siswa bukan merupakan yang pertama kali dilaksanakan melainkan sudah menjadi salah satu kebiasaan setiap tahunnya." Alhamdulillah, untuk tahun ajaran 2024 ini yang lulus 99 dan Saya, menghimbau untuk mengekspresikan kelulusan agar menghindari adanya konvoy siswa dan merayakan dengan mencoret-coret baju, ’’ ungkapnya.


Lebih lanjut Masri memaparkan, pihak SMKS Bandung Barat sebelumnya sudah melakukan komitmen dengan berbagai stakeholder maupun perusahaan asing terkait kerjasama di bidang ketenagakerjaan. Sehingga, banyak kondisi dimana siswanya sebelum lulus sudah mendapat pekerjaan.


"Dan kami sudah mempersiapkan untuk bekerja di Jepang dan kami Fasilitasi untuk pelatihan bahasa serta teknis. Maka, diharapkan setelah lulus mereka bisa bekerja di jepang, " paparnya.


Selanjutnya Masri mengharapkan, ketinggian tingkat minat orang tua siswa dengan memberikan izin kepada anaknya untuk mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu yang dipelajari dengan bekerja di negara Jepang juga jangan mengkhawatirkan terkait segala macam pembiayaan termasuk akomodasi karena sudah difasilitasi oleh Yayasan.


"Bagi siswa yang pergi ke Jepang, kami Fasilitasi. Intinya, siswa yang lulus sudah siap bekerja selain ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Sementara untuk lulusan perhotelan "Alhamdulillah hampir seluruhnya diterima di tempat kerja," jelasnya.


Ditempat sama Pengawas sekolah Provinsi Jawa Barat Kusnadi S.Pd,. M.Pd., menjelaskan momen tersebut adalah yang ditunggu-tunggu, yakni pengumuman kelulusan siswa - siswi SMKS Bandung Barat dan acara dilaksanakan merupakan manifestasi kegembiraan setelah dinyatakan lulus.


Kusnadi menambahkan para alumni, diharapkan usai lulus paling tidak bisa bekerja sesuai potensi keahliannya, baik di dunia industri maupun di bidang kewirausahaan. Juga, sebagai alternatif lainnya bisa melanjutkan studi kembali ke tingkat perguruan tinggi dan semua itu tentunya berlandaskan kepada materi yang sudah diberikan secara dasar-dasarnya oleh sekolah.


" Saya ucapkan selamat kepada kalian, selamat bagi kalian siswa - siswi SMKS Bandung Barat yang dinyatakan lulus. Sekarang saatnya untuk berjuang menggapai impian untuk sukses di masa depan," pesannya.


Ketua MKKS Bandung Barat Iraman Gunawan S.Pd,. M.M., turut juga mengucapkan selamat kepada siswa yang telah lulus, kemudian ia membeberkan terkait eksistensi SMKS Bandung Barat yang merupakan sebuah Lembaga Pendidikan Kejuruan Pusat dengan keunggulan titel SMK, sehingga harus sudah meluluskan para peserta didik yang mempunyai kompetensi sehingga siap diterima di dunia usaha dan industri.


"Di Bandung Barat ada 100 SMK, terdiri dari 91 SMK swasta, 9 SMK NEGERI serta yang punya titel Pusat keunggulan baru 9 sekolah untuk KBB diantaranya SMKS. Tentunya, mengingat hal itu dapat menjadi jaminan akan diterima di dunia usaha dan industri yang terjalin kerjasama. " Bebernya.


Salah satu orang tua siswa saat di wawancarai bernama Ai Sukmawati, memberikan komentar terhadap kontribusi SMKS Bandung Barat terhadap progresivitas anaknya, ia mengaku peningkatan kualitas pendidikan yang ditransmisikan kepada anaknya membuahkan efek yang signifikan sehingga berdampak kepada kecenderungan menjadi anak yang berkarakter dan berkualitas.


"Saya merasa berterima kasih kepada pihak sekolah SMKS, sekaligus sangat bahagia karena anak saya mendapatkan ilmu hingga menjadi lebih baik dan semoga bermanfaat juga mudah-mudahan anak saya cita-citanya terkabul. " Pungkasnya.(iyus)


Editor Toni Mardiana.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama