Raih Juara Tingkat Provinsi, Karang Taruna Desa Kertajaya Disambangi Karang Taruna Cirebon


KABUPATEN BANDUNG BARAT, -

Pada rabu, 24/7/2024 Karang Taruna Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, mengunjungi karang taruna Amar Patria Desa Kertajaya, Padalarang. Menurut Kabid dinsos Bandung Barat H.A. Bunyamin kunjungan tersebut, dalam rangka silaturahmi sekaligus agenda peningkatan kapasitas dengan melihat dan mengetahui secara langsung mengenai apa saja prestasi yang telah di raih dan kiat apa yang dilakukan oleh Karang Taruna Amar patria Padalarang Bandung Barat, sehingga bisa meraih juara tingkat Propinsi Jawa Barat,


 "Maksud dan tujuan kedatangan mereka, untuk belajar baik dengan Karang Taruna Amar Patria karena sering menyimak website Desa Kertajaya dimana disitu begitu banyak informasi pelayanan dan artikel - artikel yang menarik dan prestasi yang telah dicapai," tuturnya.


Pada pelaksanaannya, lanjut Bunyamin ada sesi tanya-jawab sehingga teman - teman dari Karang Taruna Cibeber bisa memahami, tentang dunia kepemudaan, fungsi dan perannya bagi Pemerintah Desa dan masyarakatnya juga pemberdayaan keberlanjutan serta strategi dalam pengelolaan peran pemuda.


"Apa saja kelebihan dalam kegiatan dan pembinaan karang taruna Bandung Barat, sehingga nanti akan di terapkan dan ditiru serta di kembangkan di sana (Kecamatan Beber), " ucapnya.


Lalu berbagi pengalaman dan pengetahuan, seperti apa yang di berikan serta dilakukan dalam melaksanakan pembinaan Karang Taruna Bandung Barat kepada Karang Taruna tingkat Kecamatan dan Desa.


Bunyamin berkata, bahwa pada saat ini dirinya masih merasa kurang puas dengan dengan kinerja Karang Taruna, sehingga tahun ini segera akan melakukan penilaian dari mulai Karang Taruna tingkat unit. Sehingga, bisa terlihat mana yang masuk ke kriteria Karang Taruna, unggul, berkembang dan percontohan serta dampaknya bisa mengetahui bagaimana cara pembinaannya.


"Untuk perkembangan Karang Taruna, kita harus mempunyai database dengan melihat beberapa potensi, misalnya potensi desa, potensi SDM, potensi kewilayahan, bagaimana peran mereka karena dalam kontek mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan sosial, bagi masyarakat berarti kita sudah dianggap selesai bagi perkembangan desa, " jelasnya.

 

Ketua Karang Taruna Bandung Barat Ujang Rohman S.Ag., menyampaikan selamat datang di desa Kertajaya dan juga menyampaikan apresiasi kepada Karang Taruna Cibeber yang berkenan hadir untuk saling menimba ilmu tentang kepemudaan. “Perlu diketahui oleh teman - teman dari Karang Taruna Cibeber bahwasannya, beberapa pencapaian prestasi dari Karang Taruna Amar Patria  merupakan hasil kerja keras bersama semua elemen masyarakat, termasuk didalamnya peran dari Karang Taruna." Ujarnya.


Dan itu, lanjut Ujang hal tersebut merupakan harmonisasi yang baik, dimana pemuda diberi ruang lebih untuk ikut menentukan arah kebijakan pembangunan Pemerintah Desa Kertajaya.


"Semua prestasi yang telah diraih, adalah hasil kerjasama dan kekompakan semua pihak, terimakasih atas kerjasamanya. Saya ucapkan atas nama ketua Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat," paparnya.


Disisi lain, walaupun telah berprestasi di tingkat provinsi bahwa Ujang Rohman juga senada menyampaikan hal yang sama dengan Kabid Dinsos Bandung Barat saat ini merasa belum puas dengan kinerja Karang Taruna dan akan melakukan pembinaan sesuai dengan tingkat posisi keberadaan secara proporsional.


"Karena dalam pembinaan akan ada perbedaan dalam melakukan pembinaan, kita mempunyai visi - misi Karang Taruna Bandung Barat, yaitu membangun peradaban desa bersama Karang Taruna," tutupnya. (iyus) 


Editor Tazeri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama