Pemerintah Desa Ciwaruga Sambut Kemerdekaan RI ke-79 Dengan Semarak


KABUPATEN BANDUNG BARAT, -

Antusias tinggi ditunjukkan rakyat Indonesia pada setiap peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, mereka mengisinya dengan berbagai acara dengan beragam kreativitas dan inovasi, tak terkecuali masyarakat desa Ciwaruga yang pada momen dimana tanggal tersebut merupakan diputuskannya melalui Proklamasi mengenai Kemerdekaan Indonesia dari genggaman Kolonialisme.


Masyarakat desa Ciwaruga, melakukan kegiatan carnaval yakni berkeliling pelosok dengan atribut yang menunjukkan ekspresi kegembiraan dan pentas panggung seni yang di inisiasi pemerintah desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.


Selain itu dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 tersebut, diselenggarakan serangkaian lomba yang diikuti oleh warga desa. Acara ini dibuka dengan semarak pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2024 bertempat di lapangan desa, Parigi Lame. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Ciwaruga Dadang Carmana beserta istri, para Ketua RW dan RT, serta seluruh warga yang antusias untuk berpartisipasi.


Acara dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepala Desa ciwaruga, dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya menjaga semangat kemerdekaan dan memupuk rasa kebersamaan serta gotong-royong di antara warga. "Hari kemerdekaan, adalah momen yang sangat bersejarah bagi kita semua. Melalui lomba - lomba ini, kita berharap dapat mempererat tali persaudaraan dan memupuk semangat nasionalisme di Desa Bojongmalaka," ujarnya 


Dadang Carmana menyebutkan dengan diadakannya acara ini, desa Ciwaruga tidak hanya merayakan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga memperkuat hubungan antar warga serta memupuk rasa cinta tanah air. 


"Semoga semangat kebersamaan dan patriotisme ini terus terjaga dan diwariskan kepada generasi mendatang," tuturnya.


Dadang juga mengungkapkan, rasa syukur atas suksesnya acara ini dan ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, termasuk perangkat desa dan masyarakat yang telah berpartisipasi.


"Alhamdulillah, kegiatan karnaval dan kegiatan lainnya  ini diikuti oleh ratusan masyarakat," ujarnya. 


Ia juga menekankan, bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah desa dan upaya untuk mempererat hubungan dengan masyarakat.


"Atas nama kepala desa Ciwaruga Saya, mengharapkan semoga dengan ada acara nya HUT RI ke- 79 ini desa Ciwaruga dan masyarakatnya lebih maju dalam hal segala bidang," tutupnya.


Sementara perlombaan menjadi salah satu highlight dalam rangkaian kegiatan ini, tim - tim dari setiap RT/RW berlomba menunjukkan kemampuan terbaik mereka di lapangan. Sorak sorai penonton menambah semarak suasana, membuat pertandingan semakin seru dan penuh semangat.


Antusiasme warga, terlihat dari jumlah peserta yang berpartisipasi dan semangat mereka dalam mengikuti setiap lomba. Tidak hanya anak - anak, tetapi juga remaja dan orang dewasa, turut serta meramaikan acara ini. Kemeriahan semakin bertambah dengan adanya berbagai hadiah menarik bagi para pemenang lomba, hadiah - hadiah ini sebagai bagian dari perayaan, panitia menyediakan berbagai doorprize menarik. (Asker/Yusuf)


Editor Toni Mardiana.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama