Polres Metro Jakarta Barat Terjunkan 57 Personel Amankan Jalur Lintasan Unjuk Rasa di Gedung MPR/DPR


JAKARTA BARAT, -

Polres Metro Jakarta Barat, menerjunkan sebanyak 57 personel untuk melakukan pengamanan jalur lintasan sebagai langkah antisipasi terhadap aksi unjuk rasa yang digelar oleh elemen “Koalisi Nasional Penyelamat Demokrasi” di Gedung DPR/MPR RI Jakarta Pusat pada Kamis, 22/8/2024.


Pengamanan ini dilakukan guna, memastikan kelancaran arus lalu lintas dan mencegah terjadinya gangguan keamanan di wilayah sekitar lokasi aksi.


Sebanyak 57 personel yang dikerahkan, terdiri dari anggota Polres dan Polsek jajaran serta peleton Dalmas (Pengendalian Massa) awal. 


Para personel ini akan ditempatkan di beberapa titik strategis, salah satunya di kawasan Tl Slipi Palmerah Jakarta Barat yang menjadi salah satu jalur utama menuju Gedung DPR/MPR RI.


Pengamanan di titik ini, bertujuan untuk mengantisipasi potensi kemacetan atau gangguan yang mungkin timbul akibat aksi unjuk rasa.


Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Metro Jakarta Barat AKBP Randi Ariana, mengatakan bahwa pengamanan jalur lintasan ini merupakan bagian dari upaya Polres Metro Jakarta Barat untuk mendukung keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya aksi unjuk rasa.


“Kami menempatkan personel di TL Slipi Palmerah untuk memastikan arus lalu lintas, tetap lancar dan aman serta mengantisipasi bilamana terjadi rusuh tidak melebar kewilayah lain” ujar Randi saat dikonfirmasi Kamis, 22/8/2024. 


Randi menambahkan, personel yang diterjunkan telah diberi arahan dan instruksi khusus untuk mengutamakan pendekatan humanis dalam menghadapi peserta aksi. 


Hal ini, dilakukan untuk mencegah terjadinya gesekan atau konflik yang tidak diinginkan. 


“Kami berharap, dengan pengamanan yang kami lakukan, aksi unjuk rasa dapat berjalan dengan damai dan tertib tanpa mengganggu ketertiban umum, ” imbuhnya.


Selain pengamanan di Tl Slipi Palmerah Polres Metro Jakarta Barat, berkoordinasi dengan personel pengamanan lain yang bertugas di wilayah sekitar Gedung DPR/MPR RI. 


Langkah ini, diambil untuk memastikan setiap potensi ancaman dapat diantisipasi secara cepat dan efektif.


Polres Metro Jakarta Barat, mengimbau kepada masyarakat yang akan menyalurkan aspirasinya untuk bisa menyalurkan aspirasi secara tertib dan damai. 


“ Mari sama-sama kita jaga wilayah kita yang aman kondusif ", tutupnya (Zian) 


Editor Toni Mardiana. 

(Humas Polres Metro Jakarta Barat)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama