Desa Tanimulya menggelar Maulid Nabi, sebagai bentuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW


KABUPATEN BANDUNG BARAT, -

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW,. 1446 H (2024), desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat mengadakan berbagai kegiatan yang bernafaskan islami sebagai momentum meningkatkan ukhuwah Islamiyah di laksanakan bertempat di halaman kantor desa Tanimulya selama tiga hari berturut-turut dan puncak acara hari Minggu, 15/9/2024.


Turut hadir Camat Ngamprah Agnes Virganty SH,. STP,. MSi., termasuk jajaran pemerintahan desa Tanimulya, ketua MUI Deden Samsudin, Babinsa/Babinkamtibmas, kader serta seluruh warga masyarakat Desa Tanimulya. 


Selain untuk menumbuhkan kecintaan yang besar kepada baginda Nabi Muhammad SAW., peringatan Maulid Nabi juga dirayakan untuk mengingat kembali keteladanan hidup Nabi Muhammad SAW. 


Di sela - sela acara Pj Kades Tanimulya Wawan Sutisna, menyampaikan bahwa kegiatan maulid Nabi Muhammad SWA., kali ini dilaksanakan secara meriah dengan berbagai kegiatan diantaranya ; perlombaan kaligrafi anak - anak, Hadroh dan qosidah. "Alhamdullilah, lomba ini di ikuti oleh lima belas RW dengan jumlah seluruh peserta ada 30 grup Hadroh dan Gosidah, " tuturnya. 


"Puncak acara di tutup Tausiyah oleh KH. Ahmad Salimul Apip, namun sebelum acara tausiyah dilaksanakan, panitia memberikan dan mengumumkan juara - juara perlombaan dengan pembagian hadiah kepada peserta. Ini, adalah bentuk apresiasi pemerintah Desa Tanimulya kepada masyarakat. Karena sudah ikut mendukung dalam kegiatan yang di laksanakan Pemerintah Desa".


Wawan mengatakan pula  maulid nabi Muhammad SAW., yaitu ajang silaturahmi, membangun ukhuwah islamiah, meningkatkan kepedulian sosial, menguatkan iman dan taqwa  dalam kehidupan sehari-hari dengan meneladani akhlak Rosulullah SAW., "ucap Wawan kepada awak media. 


Sementara Agnes selaku Camat Ngamprah, menambahkan pada prakteknya perayaan Maulid Nabi sudah berjalan sejak ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu dikalangan umat muslim. Sampai saat ini, semakin meluas di belahan dunia memiliki cara yang berbeda-beda dalam merayakan Maulid Nabi SAW., sesuai dengan tradisi yang dijalankan secara turun temurun. Dan, kami tentunya sebagai Pemerintahan Kecamatan Ngamprah turut mendoakan juga kedepannya Kabupaten Bandung Barat semakin lebih baik. "Tandasnya.


Selain itu, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW., juga diharapkan dapat dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Sebab Nabi Muhammad SAW., merupakan suri teladan bagi umatnya untuk menaungi kehidupan dunia dan akhirat yang kelak dipertemukan sebagai umatnya. Tentunya, berbagai bidang kehidupan, keteladanan Rasulullah sangat relevan untuk diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari sebagai umat pengikutnya. Sebab, dengan menerapkan nilai - nilai keadilan, maka kita dapat belajar untuk hidup bertoleransi dengan sesama, ikhlas meringankan beban sesama dan berjuang untuk mendapatkan hak serta melakukan yang adil bagi sesama. " Pungkasnya. 


Sungguh, pada diri Rasulullah SAW., ada suri teladan yang baik bagi manusia. Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Ahzab Ayat 11:


لَقَدۡ كَانَ لَكُمۡ فِىۡ رَسُوۡلِ اللّٰهِ اُسۡوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنۡ كَانَ يَرۡجُوا اللّٰهَ وَالۡيَوۡمَ الۡاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيۡرًا


Artinya:

Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah. (QS Al-Ahzab : 11) (Budi.013) 

Editor Toni Mardiana.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama